BICARA MERDEKA ITU HARAM, DOSA ATAU BERKAT ?

Jayapura, 15 Desember 2012, bertempat di rumah kediaman Pdt.Karel Maniani,S.Th yang juga Ketua Sinode Gereja Kemah Injil Indonesia di Tanah Papua mengatakan bahwa: melihat dinamika politik yang akhir-akhir ini meningkat mulai dari aksi penembakan di Puncak Jaya, Aksi Demo di Timika Papua oleh SPSI, gelombang demonstrasi rakyat papua di jalan-jalan hingga Kongres Rakyat Papua III di lapangan Shakeus Padang Bulan yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa membuktikan bahwa: masalah Papua sejak proses Integrasi kedalam wilayah NKRI belum tuntas hingga saat ini.

Artinya sejarah Integrasi Papua ke Indonesia masih menjadi masalah dan belum dapat diterima oleh sebagian besar rakyat Papua. Sebagai pimpinan umat di tanah Papua sejak pemerintahan Megawati saya sudah menyarankan kepada Ibu Mega dan Pak Yusuf Kala pada waktu berkunjung di Papua, bahwa salah satu solusi yang bermartabat untuk menghentikan segala pertikaian dan konflik politik di Papua hanya melalui sebuah mekanisme Dialog. Dialog antara pemimpin-pemimpin Papua dengan pemerintah Indonesia yang terbuka dan bermartabat dengan dihadiri oleh pihak penengah yang netral.

Menurut Pdt.K.Maniani, S.Th sangat keliru apabila soal “MERDEKA” tidak boleh dibicarakan dalam Dialog. menurutnya: MERDEKA adalah salah satu solusi “kemanusiaan” untuk mengakhiri semua ketidak adilan dan bentuk kekerasan dan pelanggaran HAM yang dialami oleh Rakyat Papua. Dengan nada yang datar, Maniani bertanya: Apakah bicara MERDEKA itu: HARAM ?, DOSA ? ATAU BERKAT ?

Untuk itu, Pdt. Maniani menghimbau kepada seluruh umat GKII ditanah Papua agar tetap tenang dan tidak terprovokasi untuk hal-hal yang berbau anarkisme karna itu tindakan yang tidak mempermuliakan ALLAH. Maniani memberikan dukungan bagi upaya-upaya yang sedang dilakukan oleh sejumlah pihak termasuk pimpinan agama di Papua dan Pemerintah Pusat untuk menyiapkan DIALOG yang diinginkan oleh Rakyat Papua. (MK)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s