GKII di Tanah Papua's Weblog

Transformasi Dunia Dengan Kuasa Kristus Yang Bangkit

  • Anda Pengunjung ke:

    • 35,975 hits
  • Firman TUHAN Untuk Anda

    Matius 24:14 Injil Kerajaan ini harus diberitakan ke seluruh Dunia, barulah tiba kesudahannya.
  • DR.A.B.Simpson

    Free Image Hosting at www.ImageShack.us Pendiri The Christian &Missionary Alliance
  • KALENDER 2014

    Mei 2008
    S S R K J S M
    « Apr   Jun »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • AKTIVITAS GKII

    Rapat Kerja III Sinode GKII Wilayah I Papua, 21-23 Mey 2014, Bertempat di Gedung Serba Guna Bethesda . Jl.Sekolah No.21 Abepura, Kota Jayapura.

    Peserta:
    Klasis Pantai Selatan
    Klasis Daerah Pantai
    Klasis Dafonsoro
    Klasis Teluk Cenderawasih
    Klasis Kepala Burung
    Klasis Perbatasan Keerom
    Klasis Persiapan Sarmi
    Biro-Biro Pelayanan Sinode GKII Wilayah I Papua

    Lembaga GKII:
    STT GKII Sorong
    STT Levinus Rumaseb Jayapura
    Toko Buku Kalam Hidup
    Misi Yayasan Pembangunan Masyarakat Desa
    Misi C&MA

  • LINK MEDIA

Konferensi Pers GKII Wilayah Papua

Posted by gkiiwilayahpapua pada Mei 26, 2008

KONFERENSI PERS
GEREJA KEMAH INJIL INDONESIA
SE-TANAH PAPUA

Mencermati berbagai pemberitaan dan aksi-aksi anarkis dan pemaksaan kehendak oleh kelompok Gereja Kemah Injil (KINGMI) Papua akhir-akhir ini dan tentunya telah membuat kondisi tidak aman dan tentram baik yang dialami oleh warga Gereja Kemah Injil Indonesia dan terlebih dari itu seluruh umat Tuhan di Tanah Papua.
Atas hal tersebut, maka atas nama Gereja Kemah Injil Indonesia Sinode Wilayah I, II dan III Papua menyatakan:
I. Kelompok yang menamakan diri Gereja Kemah Injil (KINGMI) Papua bukan merupakan bagian dari kesatuan GKII se-Indonesia mengingat:
1. GKIP diproklamirkan dalam sebuah Konferensi GKII Wilayah Papua di Nabire Tahun 2006 tidak mendapat rekomendasi dari Badan Pengurus Pusat GKII di Jakarta sesuai AD/ART GKII serta penyelenggara kegiatan konferensi yang adalah pelaksana tugas GKII Wilayah Papua yang dijabat oleh Pdt.ZK, MA pada waktu itu telah dinonaktifkan karena melakukan beberapa pelanggaran terhadap AD/ART serta Peraturan GKII;
2. Konferensi dimaksud telah melahirkan suatu organisasi baru yang disebut dengan nama Gereja Kemah Injil (KINGMI) Papua dengan Anggaran Dasar sendiri dan dalam keputusan konferensi tersebut telah dinyatakan bahwa “ keluar dari GKII kesatuan” .
3. Atas pelaksanaan Konferensi dimaksud, maka Konferensi tersebut telah menyalahi AD/ART GKII dan dengan sendirinya Konferensi Tersebut adalah Ilegal atau tidak sah dan bertentangan dengan AD/ART serta peraturan-peraturan GKII.
II. Status keanggotaan pekerja GKII atas nama:
1) Pdt. Zeblum Karubaba, MA
2) Pdt.Yosia Tebay, MA
3) Pdt.Agus Tebay, S.TH
4) Pdt.DR. Noack Nawipa
5) Pdt.DR.Benny Giay
Secara Organisasi telah dipecat/dikeluarkan sebagai anggota pekerja GKII dengan Surat keputusan BPP GKII

III. GKII sangat menyesalkan sikap GKIP yang selalu melakukan pembohongan terhadap publik di Papua dengan cara membuat pernyataan-pernyataan yang berubah-ubah sejak tahun 2006 – 2008 yakni:
• Sejak tahun 2005-2006 kelompok ini bersih keras untuk memisahkan diri dari GKII Kesatuan yang berpusat di Jakarta bahkan beberapa tindakan kekerasan dan pernyataan rasialis dikeluarkan oleh kelompok ini terhadap pekerja-pekerja GKII Non Papua yang banyak berjasa bagi pekerjaan Pelayanan dalam GKII di Tanah Papua.
Sejak Tahun 2006-2007 , Nomenklatur kelompok inipun berubah-ubah dan sangat tidak konsisten dalam penyebutan nama organisasi mereka:
1) Gereja Kemah Injil Papua (GKIP)
2) Gereja Kemah Injil (KINGMI) Papua
3) Gereja Kemah Injil (KINGMI) di Tanah Papua
Dan yang sangat mengherankan adalah setelah mengalami kebuntuan karena upaya-upaya pendaftaran organisasi ini ke DEPAG RI di Jakarta “tidak mendapat izin” sebagai organisasi keagamaan mengingat kehadiran GKIP akibat perpecahan dari sebuah oragnisasi resmi (GKII) yang tidak memberikan rekomendasi walaupun sejumlah gereja di papua, DPRP dan MRP telah memberikan rekomendasi sepihak. Dikatakan sepihak karena tidak melakukan penyelidikan dan meminta keterangan dari pihak GKII sebelumnya.
Apalagi setelah Lambang Injil 4 Berganda (Lambang Kemah Injil se-Dunia) telah mendapat pengesahan “hak paten/hak cipta” milik GKII oleh Departemen Hukum dan HAM RI, akhirnya mereka kelompok GKIP merubah strategi dengan membuat sejumlah pernyataan baik di Pengadilan Negeri Jayapura dan Konferensi Pers mereka bahwa:
• Mereka, Gereja Kemah Injil (KINGMI) di Tanah Papua merupakan bagian dari Gereja Kemah Injil Indonesia di Jakarta dan apa yang dilakukan saat ini dianggap sedang menjalankan amandemen pasal 19 yang sebenarnya jauh berbeda.
• Mereka tunduk pada kepemimpinan Pdt. Paul Paksoal,M.Div, selaku Ketua Pusat GKII, pada hal pada tahun 2006 sang pemimpin ini diteror dan diancam bahkan dengan mengeluarkan kata-kata rasialis, bahwa orang Ambon hanya mencari makan di Papua.
• Bahkan yang sangat menyedihkan lagi, Misi C&MA sebagai ayah yang mendidik dan membesarkan warga kemah injil di tanah Papua dari kegelapan kepada terang “Kristus” dianggap tidak berbuat apa-apa bahkan beberapa misionaris dilaporkan ke Polisi.
• Mencatut nama Gubernur Provinsi Papua dalam membangun opini publik yang seolah-olah Gubernur Provinsi Papua mengakui keberadaan mereka yang hingga saat ini sangat tidak jelas. Padahal sesuai pengakuan KAKAWIL DEPAG dan Kepala Kesbang Prov. Papua serta staf ahli gubernur hal tersebut tidaklah benar . Yang benar dari pernyataan Gubernur adalah:
1. Pemerintah Provinsi Papua tidak akan campur dalam urusan internal gereja dan menyarankan agar kedua gereja yang bertikai agar bersatu;
2. GKIP meminta rekomendasi gubernur agar pelayanan mereka di pedalaman Papua dapat dilayani oleh MAF.
IV. GKII sangat menyayangkan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh GKIP dengan melakukan pengusiran secara paksa dengan aksi-aksi kekerasan terhadap Pdt. Yosef Twenty di Jl.Bukit No.7 Tasangkapura sejak tahun 2006 – 2007 yang adalah pekerja GKII; Melakukan demo dan mengeluarkan surat ancaman pengeluaran secara paksa kepada: Pdt.Yosef Twenty,S.Th, Pdt.Karel Maniani,S.Th, Pdt.Petrus Bonyadone,S.Th; Pdt.Welly Wengkang, Ev.Hanz Maudeng,S.Th.
Pertanyaan buat kita saat ini, kalau GKIP adalah bagian dari GKII yang berpusat di Jakarta mengapa pimpinan mereka telah dipecat dari GKII ? mengapa seluruh kegiatan mereka tidak dihadiri oleh pengurus GKII Wilayah dan Pusat bahkan Misi C&MA? Mengapa ada ancaman, ada teror sms, ada tindakan kekerasan kepada GKII, mengapa ada demo ke GKII, mengapa ada ucapan-ucapan rasial diantara sesama pekerja gereja? Bukankan gereja itu Kudus dan Am? Kok sesama “tubuh kristus” begitu ?

Atas berbagai hal sebagaimana disebut diatas, maka GKII menyatakan:
1. Meminta maaf kepada seluruh pihak di Papua karena persoalan internal GKII telah mempermalukan umat Kristiani di Tanah Papua;
2. GKII yakin ALLAH memberikan pedang kepada Pemerintah untuk mengakan keadilan dan kebenaran bagi umat-Nya; sehingga GKII meminta agar Pemerintah dapat menegakan keadilan dan kebenaran bagi GKII yang selalu menjadi korban sejak Tahun 2006 sampai saat ini.
3. GKII Wilayah I, II dan III di Tanah Papua tetap ada di Papua dan tidak dapat dibubarkan oleh siapapun hingga Kristus kembali ke Dunia;
4. GKII Wilayah I, II dan III Papua akan semakin giat untuk melaksanakan amanat agung Yesus Kristus dan mempercepat kedatangan-Nya dengan menjadi alat Transformasi Dunia dengan Kuasa Kristus Yang bangkit, Wahyu 21:5; Mengiatkan gerakan pengutusan dan penginjil di Tanah Papua dan Dunia, membangun persekutuan yang kokoh, membangun dalam semua spek kehidupan untuk memberi sejahtera bagi umat Tuhan di tanah Papua .
Sentani, 26 Mey 2008

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: